Friday, February 2, 2018

Breakwater Pemecah Gelombang

Pengertian Bangunan Pemecah Gelombang
Wilayah pantai merupakan daerah yang intensif dimanfaatkan untuk kegiatan manusia seperti kawasan pusat pemerintahan, pemukiman, industri, pelabuhan, pertambakan, pertanian, perikanan, pariwisata dan sebagainya.  Permasalahan yang sering muncul pada daerah pantai adalah abrasi pantai yang terutama disebabkan oleh akivitas gelombang laut.  Gempuran gelombang yang besar dapat diredam dengan cara mengurangi energi gelombang datang, sehingga gelombang yang menuju pantai energinya menjadi kecil. Salah satu metode penanggulangi abrasi pantai adalah penggunaan struktur penahan gelombang pada area tertentu.
Untuk dapat menanggulangi kerusakan pantai akibat gempuran gelombang di  pantai maka diperlukan konstruksi pemecah gelombang yang berfungsi untuk memecahkan, merefleksikan dan mentransmisikan energi gelombang sebelum tiba di pantai. Struktur penahan energi gelombang ini dapat terbuat dari struktur yang masif/kaku dan bisa juga dengan yang fleksibel (tanaman hidup, struktur apung, dan lainnya). Salah satu struktur pantai yang dapat mereduksi energi gelombang adalah breakwater.
Breakwater atau yang dikenal sebagai pemecah gelombang adalah prasarana yang dibangun untuk memecahkan ombak/gelombang,dengan menyerap sebagian energi gelombang. Pemecah gelombang digunakan untuk mengendalikan abrasi yang menggerus garis pantai. dan untuk menenangkan gelombang di pelabuhan sehingga kapal dapat merapat di pelabuhan dengan lebih mudah dan cepat. Pemecah gelombang harus di desain sedemikian sehingga arus laut tidak menyebabkan pendangkalan karena pasir yang ikut dalam arus mengendap di kolam pelabuhan. bila hal ini terjadi maka pelabuhan perlu dikeruk secara reguler.

Fungsi Bangunan Pemecah Gelombang
            Bangunan ini berfungsi untuk melindungi pantai yang terletak dibelakangnyadari serangan gelombang yang dapat mengakibatkan erosi pada pantai.Perlindungan oleh pemecahan gelombang lepas pantai terjadi karena berkurangnyaenergi gelombang yang sampai di perairan di belakang bangunan. Karena pemecah gelombang ini dibuat terpisah ke arah lepas pantai, tetapi masih di dalam zona gelombang pecah (breaking zone). Maka bagian sisi luar pemecah gelombang memberikan perlindungan dengan meredam energi gelombang sehingga gelombang dan arus di belakangnya dapat dikurangi.
            Gelombang yang menjalar mengenai suatu bangunan peredamgelombang sebagian energinya akan dipantulkan (refleksi), sebagian diteruskan (transmisi) dan sebagian dihancurkan (dissipasi) melalui pecahnya gelombang,kekentalan fluida, gesekan dasar dan lain-lainnya. Pembagian besarnya energigelombang yang dipantulkan, dihancurkan dan diteruskan tergantungkarakteristik gelombang datang (periode, tinggi, kedalaman air), tipe bangunan peredam gelombang (permukaan halus dan kasar, lulus air dan tidak lulus air) dangeometrik bangunan peredam (kemiringan, elevasi, dan puncak bangunan).
            Berkurangnya energi gelombang di daerah terlindung akan mengurangi  pengiriman sedimen di daerah tersebut. Maka pengiriman sedimen sepanjang  pantai yang berasal dari daerah di sekitarnya akan diendapkan dibelakang  bangunan. Pantai di belakang struktur akan stabil dengan terbentuknya endapan sediment tersebut.

Gambar Ilustrasi Pelindung Breakwater


Jenis – Jenis Bangunan Pemecah Gelombang

A.    Berdasarkan Bentuk Model Penampang Melintangnya
v  Pemecah Gelombang Sisi Miring
Pemecah gelombang dengan sisi miring dibuat dari beberapa lapisan material yang ditumpuk dan dibentuk sedemikian rupa sehingga terlihat seperti sebuah gundukan besar batu alam dengan lapisan terluar dari material dengan butiran sangat  besar yang dilindungi oleh lapis pelindung berupa batu besar atau beton dengan ukuran tertentu. Pemecah gelombang tipe ini bersifat fleksibel. Kerusakan yang terjadi karena serangan gelombang tidak secara tiba-tiba. Jenis lapis pelindung  pemecah gelombang tipe ini adalah Quadripod, Tetrapod, Dolos. Pemecah gelombang dengan sisi miring dibuat untuk kedalaman kolam labuh yang relative dangkal.

Gambar Pemecah Gelombang Sisi Miring


v  Pemecah gelombang dengan sisi tegak
Untuk tipe sisi tegak pemecah gelombang dibuat dari material-material seperti  pasangan batu, sel turap baja yang didalamnya diisi tanah atau batu, tumpukan buis  beton, dinding turap baja atau beton, kaison beton dan lain sebagainya. Pemecah gelombang tipe ini ditempatkan di laut dengan kedalaman kolam labuh yang lebih besar dari tinggi gelombang. Dimaksudkan untuk mengurangi jumlah material penyusunnya. Pemecah ini dibuat apabila tanah dasar mempunyai daya dukung besar dan tahan terhadap erosi. Bisa dibuat dari blok-blok beton massa yang disusun secara vertikal, kaison beton, turap beton atau baja.
.
Gambar Pemecah Gelombang Sisi Tegak 

 
v  Pemecah gelombang bertipe campuran
Ketiga model breakwater seperti ini, dicontohkan dengan tipe cellular cofferdam yaitu suatu konstruksi yang menggunakan sheet pile secara langsung, dimana pile tersebut saling menutup atau mengunci (interlocking ) satu dengan yang lain sehingga membentuk suatu rangkaian elemen (cell) dimana cell tersebut berisikan material yang tak kohesif seperti pasir untuk pemberat struktur di bagian bawahnya sedangkan bagian atasnya terdiri dari batu lindung yang dapat berfungsi menjagastabilitas struktur akibat pengaruh gelombang.
Konstruksi breakwater tipe cellular cofferdam seperti halnya beberapa jenis Offshore Breakwater yang lain dibangun dengan puncak elevasi struktur yangmendekati Mean Sea Level (MSL), sehingga hal tersebut memungkinkan energiyang menyertai terjadinya gelombang dapat diteruskan melalui breakwater. Kondisi tersebut dinamakan dengan istilah keadaan overtopping atau kondisi gelombangdapat melimpas. Alasan struktur dibangun dengan kondisi overtopping adalah untuk pertimbangan disain secara ekonomis, dan juga karena pertimbangan kondisigelombang rata-rata yang terjadi cukup kecil. Pemecah gelombang tipe ini dibuat apabila kedalaman air sangat besar dan tanahdasar tidak mampu menahan beban dari pemecah gelombang sisi tegak.

B.     Berdasarkan Letaknya
v  Pemecah gelombang sambung pantai (Shore-connected Breakwater)
Tipe ini banyak digunakan pada perlindungan perairan pelabuhan.  perlu ditinjau karakteristik gelombang di beberapa lokasi di sepanjang pemecah gelombang, seperti halnya pada perencanaan groin dan jetty.

Gambar Pemecah gelombang sambung pantai

v  Pemecah gelombang lepas pantai (Offshore Breakwater)
Pemecah gelombang lepas pantai adalah bangunan yang dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai. Bangunan ini direncanakan untuk melindungi pantai yang terletak dibelakangnya dan serangan gelombang. Tergantung pada panjang pantai yang dilindungi, pemecah gelombang lepas pantai dapat dibuat dari satu pemecah gelombang atau suatu seri bangunan yang terdiri dari  beberapa ruas pemecah gelombang yang dipisahkan oleh celah.

Gambar Pemecah gelombang lepas pantai



Dampak Lingkungan
            Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa berkurangnya energi gelombang di daerah terlindung oleh pemecah gelombang akan mengurangi pengiriman sedimen di daerah tersebut. Maka pengiriman sedimen sepanjang pantai yang berasal dari daerah di sekitarnya akan diendapkan dibelakang bangunan. Pengendapan tersebut menyebabkan terbentuknya cuspate. Apabila bangunan ini cukup panjang terhadap jaraknya dari garis  pantai, maka akan terbentuk tombolo.

Gambar Tombolo



Pembentukan tombolo tergantung pada panjang pemecah gelombang lepas pantai dan jarak antara bangunan dengan garis pantai. Biasanya tombolo tidak terbentuk apabila panjang pemecah gelombang lebih kecil dari  jaraknya terhadap garis pantai. Jika bangunan menjadi lebih panjang dari pada jaraknya terhadap garis pantai maka kemungkinan terjadinya tombolo semakin tinggi. Maka dari itu pembangunan breakwater harus direncanakan sebaik mungkin sehingga terjadi limpasan gelombang yang dapat membantu mencegah terbentuknya tombolo.

No comments:

Post a Comment